Imam Salat Jumat Virtual Serukan Hukuman Mati Koruptor

Redaksi


IDNBC.COM
- Imam Salat Jumat virtual, Helmi Hidayat mendorong para aktivis hak asasi manusia membahas wacana hukuman mati bagi koruptor, yang dinilai telah mengkhianati negara dan masyarakat.


Pernyataan itu diungkapkan Helmi saat menyampaikan khutbah dalam pelaksanaan salat Jumat virtual yang digelar Masjid Jami Virtual Hilful Fudhul, yang diikuti sekitar 150 jamaah lewat aplikasi zoomeeting, Jumat (25/6).

"Saya tidak tahu apakah kalau wacana hukuman mati, terhadap para pelaku koruptor bisa dijadikan sebagai wacana melanggar hak asasi manusia," kata dia.

"Argumentasi ini, berbahayanya korupsi, mestinya ini dibicarakan bersama oleh aktivitas hak asasi manusia," ujar Helmi dalam khutbahnya.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu menyebut, koruptor adalah orang yang telah mengkhianati negara, rakyat, dan Tuhan.

Menurutnya, para koruptor adalah orang yang tidak memedulikan sesama. Mereka bersenang-senang di atas penderitaan orang lain, yang bahkan sampai berdarah-darah melindungi negaranya.

Helmi berpendapat, kurungan penjara selama 10-20 tahun kepada pelaku korupsi tak setimpal dengan atas tindakan yang telah ia lakukan. Apalagi, uang korupsi itu digunakan untuk memperkaya diri sendiri..

"Apakah kalau orang sudah melakukan korupsi, yang secara berlebihan, hingga dia membeli kapal, membeli pesawat, dan dia bersenang-senang di atas penderitaan banyak orang, tapi kemudian dihukum hanya 10-20 tahun," katanya.

"Rasa keadilan itu betul-betul tersayat oleh pada pelaku korupsi," imbuh Helmi.

Helmi menyerukan kepada umat Islam agar menjadikan koruptor musuh bersama. Dia menyebut, perilaku korup adalah virus yang bahkan dapat merusak prinsip-prinsip kejujuran orang lain.

"Hadirin sidang Jumat, apakah orang bisa selamat dari korupsi. Kalau sebaik-baiknya orang diletakkan yang semuanya adalah punya mental korupsi, sebagai koruptor, sebaik-baik orang lambat laun dia akan tergoda," kata dia.

"Kenapa? Biasanya pelaku korupsi akan memandang sinis kepada orang yang, tidak melakukan korupsi," kata dia.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210625182628-12-659552/imam-salat-jumat-virtual-serukan-hukuman-mati-koruptor/amp

Comments