ESDM Sebut 12 Proyek PLTU Batu Bara Batal Dibangun

Redaksi


IDNBC.COM -
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan ada 12 proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara batal dibangun atau pembangunannya tak dilanjutkan karena mangkrak.


"Itu benar-benar dihentikan, tidak jadi, batal membangun PLTU," ungkap Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, dikutip dari Antara, Jumat (4/6).

Rida menyatakan empat PLTU batu bara yang batal dibangun berada di Sumatra. Rinciannya, PLTU Tembilahan berkapasitas 2x5,5 megawatt, PLTU Kuala Tungkal berkapasitas 2x7 megawatt, PLTU Ipuh Seblat berkapasitas 2x3 megawatt, dan PLTU Bengkalis berkapasitas 2x10 megawatt.

Lalu, tiga PLTU berada di Kalimantan. Detailnya, PLTU Tarakan berkapasitas 2x7 megawatt, PLTU Kuala Pembuang berkapasitas 2x3 megawatt, dan PLTU Buntok berkapasitas 2x7 megawatt.

Kemudian, tiga PLTU batu bara di Sulawesi dengan rincian PLTU Raha berkapasitas 2x3 megawatt, PLTU Bau-Bau berkapasitas 2x10 megawatt, dan PLTU Wangi-Wangi berkapasitas 2x3 megawatt.

Sisanya, satu PLTU berada di Maluku dan satu PLTU di Papua. Seluruh penutupan proyek PLTU itu akan diganti dengan transmisi listrik, sehingga tak mengorbankan pasokan di daerah tersebut.

"Konteks terminasi itu digantikan dengan proyek lain dengan cara membangun transmisi melakukan ekstensi tarik kabel, sehingga pembangkit di situ tidak diperlukan lagi," kata Rida.

Sementara, terdapat 43 unit pembangkit dalam proyek 35 ribu megawatt yang meneken kontrak tetapi belum melakukan konstruksi. Hal ini lantaran pendanaan proyeknya macet.

Ridak menyebut banyak lembaga keuangan asing yang tak mau lagi mendanai proyek-proyek energi fosil yang berdampak pada pengembangan energi di Indonesia. Pasalnya, masih banyak pembangkit listrik yang menggunakan batu bara.

"Lembaga keuangan di luar negeri banyak yang men-declare tidak akan lagi membiayai, artinya proyek itu tidak akan terlaksana kalau nggak ada yang membiayai karena nggak mungkin semuanya dibangun dengan equity," pungkas Rida.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210604202237-85-650594/esdm-sebut-12-proyek-pltu-batu-bara-batal-dibangun

Comments