Bisakah Ganjar Menang Pilpres 2024 Tanpa PDIP? SMRC Bilang Begini

Redaksi


IDNBC.COM -
Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menakar peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 tanpa dukungan PDIP. Hal ini menyusul isu PDIP kemungkinan akan mencalonkan Prabowo berpasangan dengan Puan Maharani.


SMRC awalnya memaparkan hasil analisis pemilih tiga calon teratas, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, tanpa menyertakan pemilih PDIP. Responden dalam survei ini ditanya 'Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden di antara nama berikut?'. Hasil survei menunjukkan Ganjar Pranowo unggul dibandingkan dua kandidat lainnya tanpa pemilih PDIP.

"Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,5% disusul Prabowo 30,8% dan Anies Baswedan 25,5%. Yang belum tahu 8,4%" kata peneliti SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei SMRC partai politik dan calon presiden: Sikap pemilih pasca 2 tahun Pemilu 2019, Minggu (13/6/2021).

Kemudian, SMRC juga memaparkan peluang Ganjar memenangkan Pilpres 2024 apabila diusung partai lain selain PDIP. Hasilnya, Ganjar kemungkinan mendapat dukungan paling banyak dari PKB sebesar 68%, Partai Demokrat sebesar 40% serta partai non-parlemen dan yang belum memutuskan mendukung partai mana.

"Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Golkar (36%), hanya sedikit di bawah Prabowo dari pemilih Golkar (41%). Ganjar juga mendapat suara lebih baik dari pemilih NasDem dibanding Anies," jelasnya.

Tak hanya itu, Saidiman juga memaparkan Ganjar unggul dalam kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi sebesar 43,9%. Sedangkan kandidat lainnya, Prabowo dan Anies, justru unggul di kelompok yang tidak puas dengan kinerja Jokowi.

Survei digelar pada 21-28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah ± 3,05% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5604242/bisakah-ganjar-menang-pilpres-2024-tanpa-pdip-smrc-bilang-begini/amp

Comments