15 Tahun Sengkarut GKI Yasmin Selesai, Bima Arya: Ini Pesan untuk Dunia

Redaksi


IDNBC.COM -
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menghibahkan lahan baru untuk Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin terkait polemik selama 15 tahun. Wali Kota Bogor Bima Arya mengucap syukur atas selesainya persoalan GKI Yasmi yang berjalan sekian tahun.


"Alhamdulillah siang tadi jam 14.00 WIB Pemerintah Kota Bogor bersama dengan GKI Pengadilan mengumumkan kesepakatan penyelesaian persoalan GKI Yasmin yang telah berjalan selama 15 tahun," kata Bima Arya dalam keterangannya, Minggu (13/11/2021).

Politikus PAN ini menegaskan tak ada paksaan dalam penyelesaian sengketa GKI Yasmin. Dia menegaskan penyelesaian sengkarut GKI Yasmin dilakukan dengan memandang semua pihak setara, serta pemahaman bersama untuk mencari solusi.

"Ini bukan hanya soal izin rumah ibadah semata. Ini adalah pesan dari Kota Bogor untuk dunia," ujarnya.

Pemerintah Kota Bogor sebelumnya mengeluarkan kebijakan dalam polemik 15 tahun GKI Yasmin. Pemkot Bogor menghibahkan lahan baru untuk pembangunan rumah ibadah GKI di Cilendek Barat.

"Hasil ini juga adalah hasil kerja sama dari semua pihak, baik yang mendukung maupun tidak mendukung, sejak 15 tahun yang lalu, proses hibah yang hari ini dijalankan cara ceremony juga tidak mungkin terjadi tanpa dukungan warga dari Kelurahan Cilendek Barat, tanpa kerja keras dukungan dari seluruh Forkopimda DPRD, aparatur pemerintah kota, MUI, FKUB dan juga tentunya tim 7," kata Bima Arya saat jumpa pers di GKI, Jalan Pengadilan, Pabaton, Kota Bogor.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Bima menerangkan, pihaknya telah melakukan 30 pertemuan resmi dan 100 pertemuan informal untuk mencari solusi terkait masalah GKI Yasmin. Bima ingin memastikan hak beribadah bagi seluruh warga Kota Bogor dapat terpenuhi tanpa terkecuali.

"15 tahun kita sama-sama mencurahkan energi dan konsentrasi atas usaha untuk menyelesaikan konflik yang terus menjadi duri dari toleransi kita, keberagaman kita dan persaudaraan kita semua, banyak proses yang sudah dilalui, dalam catatan kami paling tidak ada 30 pertemuan resmi dalam skala besar dan 100 lebih pertemuan informal yang digelar untuk mencari ujung penyelesaian, hari ini adalah bukti dari komitmen pemerintah kota untuk memastikan hak beribadah bagi seluruh warganya tanpa terkecuali," paparnya.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5604356/15-tahun-sengkarut-gki-yasmin-selesai-bima-arya-ini-pesan-untuk-dunia

Comments