Ratusan Anggota TNI AD Dapat Mobil Pajero Sport, Sampai Land Cruiser

Redaksi


IDNBC.COM
- TNI AD (Angkatan Darat) menggelontorkan ratusan unit mobil baru, dan sepeda motor untuk kendaraan dinas. Khusus kendaraan roda empat ada berbagai jenis, diantaranya ambulance, angkut penumpang, dan satwa atau hewan.


“Saya hanya titip kalau tahun ini mobilnya 309, sisanya motor sehingga total 547 unit. Tahun depan lebih banyak,” ujar Kepala Staff TNI AD Jenderal Andika Perkasa, dikutip Youtube TNI AD, Sabtu 1 Mei 2021.

Bukan hanya Mitsubishi, dari brand lain juga tersedia seperti halnya Toyota Avanza, Veloz, Fortuner, Land Cruiser Prado, hingga Suzuki Ertiga. Selain kendaraan penumpang, terdapat juga bus ukuran medium buatan Hino.

Kepala Pusat Peralatan TNI AD, Mayor Jenderal Sigid Witjaksono mengatakan, kendaraan dinas terbaru ini program tahun anggaran 2020 untuk seluruh Indoesia. Soal pemilihan warna dan plat nomor diatur oleh Kasad Andika Perkasa. 

“Ini warna terbaru (hijau doff) untuk kendaraan Angkatan Darat, catnya pun belum ada dipasaran jadi cat khusus. Semua plat nomor kendaraan menggunakan Montserrat (jenis huruf dan angka),” tukas Mayjen Sigid.

Tidak semua anggota mendapatkannya. Terutama mobil-mobil kelas mewah seperti Toyota Land Cruiser Prado, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner yang hanya dibagikan untuk mereka berpangkat jenderal, atau minimal bintang satu.

Dari jajaran mobil baru tersebut, yang paling termahal adalah Land Cruiser. Melansir beberapa situs jual beli online, SUV dengan status impor itu dijual Rp2 miliaran. Sedangkan Pajero Sport dan Fortuner hanya Rp500-700 jutaan.  

Menurutnya tahun depan jumlahnya akan lebih banyak, meskipun pengadaan ratusan unit mobil dan motor saat ini menjadi yang paling terbesar dalam sejarah TNI AD. Terutama dalam satu kali pengadaan untuk kendaraan dinas.

Dalam tayangannya terlihat, jajaran mobil dinas berlabur warna hijau itu dibagikan secara gratis kepada anggota TNI AD. Jika dirincikan secara detil dari Mitsubishi ada Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Triton double cabin.

Khusus untuk Triton ada beberapa yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan TNI dalam menjalankan tugas. Salah satunya dimodifikasi menjadi ambulance, dan pengangkut hewan atau satwa yang digunakan Polisi Militer.

“Ini padahal mobilnya satwa ini, bagusnya begini coba. Jadi kita juga enggak asal-asalan, walaupun ini mobilnya Polisi Militer yang diperuntukan untuk satwa. Jangan lagi nanti Danpondam pinjem ini lagi,” tuturnya.

Sumber https://www.100kpj.com/amp/mobil/12361-ratusan-anggota-tni-ad-dapat-mobil-pajero-sport-sampai-land-cruiser



Comments