Raja Narkoba Inggris Ditangkap di Dubai Setelah Menjadi Buronan Internasional Selama 8 Tahun

Redaksi


IDNBC.COM -
Polisi Dubai telah menangkap seorang taipan narkoba yang dicari Inggris selama delapan tahun karena perannya dalam peredaran narkoba di Kerajaan, seperti dilansir Gulf News, Minggu, (9/5/2021).


Michael Paul Moogan, 35, dari Croxteth, Liverpool, yang paling diburu dari kampanye buronan Operasi Captura, ditangkap di Dubai sebagai hasil kerja sama antara Polisi Dubai dan National Crime Agency (NCA).

Moogan buron sejak penggerebekan di kafe kota Rotterdam, tempat pertemuan pengedar narkoba dan kartel untuk bawa ratusan kilogram kokain ke Inggris setiap minggu. 

Letnan Jenderal Abdullah Khalifa Al Merri, Panglima Polisi Dubai, mengatakan penangkapan itu terjadi tak lama setelah menerima red notice dari Interpol.

Dia menghubungkan keberhasilan operasi tersebut dengan dukungan berkelanjutan dan kepemimpinan dari Sheikh Saif bin Zayed Al Nahyan, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, yang selalu mengarahkan pasukan polisi UEA untuk mempertahankan saluran komunikasi yang kuat, aktif, dan penting dengan polisi dunia, lembaga, dan Interpol untuk menangani kejahatan terorganisir transnasional.

Menurut Mayor Jenderal Khalil Ibrahim Al Mansouri, Asisten Panglima Bareskrim Dubai, tim dibentuk dari para petugas elite Departemen Buronan dan Pusat Analisis Data Kriminal di Departemen Umum Investigasi Kriminal (CID).

"Setelah menerima Red Notice dari Interpol, Moogan ditempatkan di bawah pengawasan ketat dan semua pergerakannya dipantau oleh unit investigasi," tambah Al Mansouri.

Polisi Dubai mengatakan Moogan menggunakan nama dan kewarganegaraan yang berbeda untuk memasuki negara tersebut.

Kolonel Saeed Al Qamzi, direktur Departemen Buronan di Kepolisian Dubai, mengatakan mereka dapat melacak tersangka meskipun dia berusaha menghindari detektif dengan identitas berbeda.

"Berkat Pusat Analisis Data Kriminal di Kepolisian Dubai, kami dapat memanfaatkan kemampuan dan teknologi terbaru untuk mengidentifikasi Moogan," tambah Al Qamzi.

Menurut Kepolisian Dubai, Moogan dirujuk ke Jaksa Penuntut Umum Dubai untuk menyelesaikan prosedur ekstradisi.

Nikki Holland, Direktur Investigasi NCA Inggris mengatakan penangkapan itu merupakan hasil investigasi bertahun-tahun yang melibatkan sejumlah mitra penegak hukum di Inggris, Eropa, dan Timur Tengah.

“Kami sangat berterima kasih kepada para mitra tersebut atas bantuan mereka dalam memastikan Moogan sekarang menghadapi keadilan dan terutama berterima kasih kepada Kepolisian Dubai atas upaya mereka untuk melacaknya. Ekstradisinya dari UEA sedang dalam proses,” kata Holland.

Sementara itu, Steve Rodhouse, Direktur Jenderal (Operasi) NCA, mengatakan penangkapan Moogan lebih jauh mencerminkan kerja sama yang hebat antara Kepolisian Dubai dan NCA.

"Saya ingin memuji pekerjaan mereka yang menunjukkan profesionalisme luar biasa dan mampu menggunakan semua teknik yang mereka miliki untuk menemukannya dan melakukan operasi ini," tambah Rodhouse.

Sumber https://www.kompas.tv/amp/article/172568/videos/raja-narkoba-inggris-ditangkap-di-dubai-setelah-menjadi-buronan-internasional-selama-8-tahun

Comments