Gencatan Senjata, Idulfitri Di Afganistan Berlangsung Aman Tanpa Serangan Taliban

Redaksi


IDNBC.COM -
Warga muslim Afghanistan merayakan Idulfitri dengan penuh khidmat pada hari ini (Kamis, 13/5). Mereka bisa beribadah dengan tenang, terutama juga karena gecatan senjata selama tiga hari yang disepakati oleh Taliban dan pemerintah Afghanistan mulai diberlakukan. 


Gencatan senjata ini menjadi semacam jeda untuk menghela napas lebih dalam, setelah berminggu-minggu pertempuran sengit di seluruh negeri. Kekerasan di Afghanistan diketahui meningkat setelah Amerika Serikat melewatkan tenggat waktu 1 Mei, yang disepakati dengan Taliban tahun lalu, untuk menarik semua tentaranya.

Namun demi merayakan Idulfitri dengan aman, Taliban mengusulkan kesepakatan gencatan senjata selama tiga hari dimulai pada hari Kamis (13/5) dan disetujui oleh Presiden Ashraf Ghani.

Al Jazeera melaporkan bahwa warga Afghanistan yang telah lama menderita dari kekerasan yang sedang berlangsung menarik napas lega.

"Sangat menyegarkan melihat keluarga dengan anak-anak yang berjalan di sekitar Kabul pagi ini bisa sedikit terpengaruh oleh gencatan senjata," begitu laporan Al Jazeera.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/05/13/487824/https-dunia-rmol-id-read-2021-05-13-487824-gencatan-senjata-idulfitri-di-afganistan-berlangsung-aman-tanpa-serangan-taliban

Comments