Begini Penampakan Massa Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS

Redaksi


IDNBC.COM -
Sejumlah massa kembali menggelar aksi bela Palestina di Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Jakarta Pusat. Massa aksi yang memadati lokasi unjuk rasa tidak menjaga jarak.


Pantauan detikcom, Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 13.23 WIB, sudah banyak massa yang berkumpul di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus. Massa yang berdemo membela Palestina atas serangan Israel membawa berbagai spanduk dan bendera.

Ada mobil komando yang juga disiapkan untuk aksi ini. Mereka yang melakukan aksi adalah masyarakat dan mahasiswa, tapi ada juga anak-anak dilibatkan dalam aksi kali ini.

Massa terus berdatangan membuat mereka berkerumun tak jaga jarak. Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur Muhammad dengan pengeras suara dari mobil pengurai massa (raisa) meminta massa agar menjaga jarak.

"Itu tempat masih luas. Buktikan kalau kalian bisa diatur. Jaga jarak. Tolong taati peraturan," imbau Guntur.

Namun, banyak massa yang tidak mengindahkan hal tersebut. Banyak massa berkumpul dan tidak menjaga jarak, bahkan ada massa juga yang tidak memakai masker dengan baik.

Polisi, Brimob, TNI, Satpol PP, dan petugas Dinas Perhubungan (dishub) sudah berada di sekitar Kedubes AS untuk melakukan pengamanan. Pagar kawat duri dan kendaraan taktis, disiagakan.

Jalan Medan Merdeka Selatan pun ditutup. Petugas memasang road barrier. Kendaraan dari Tugu Tani menuju Patung Kuda Arjuna Wijaya sudah tidak dapat melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan. Hal yang sama juga terlihat dari arah sebaliknya.

Seperti diketahui, hari ini aksi massa membela Palestina atas serangan Israel terpusat di depan kantor Kedubes AS, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya telah menyiapkan 3.162 personel polisi untuk mengamankan aksi bela Palestina ini.

"Totalnya ada 3.162 personel kita siapkan terkait pengamanan demo hari ini yang menyangkut masalah Palestina," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (21/5).

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5577463/begini-penampakan-massa-aksi-bela-palestina-di-depan-kedubes-as

Comments