Amien Rais Dirikan Partai Ummat, Kader PAN di Jateng Ramai-ramai Membelot

Redaksi


IDNBC.COM
- Tokoh reformasi M Amien Rais resmi mendeklarasikan Partai Ummat pada Kamis (29/4/2021) dan menggandeng sejumlah tokoh nasional.


Kehadiran Partai Ummat tidak dapat dipungkiri memancing sejumlah tokoh dari Partai Amanat Nasional (PAN) di tingkat pusat untuk bergabung.

Kondisi serupa juga terjadi di tingkat daerah, ada sejumlah kader baik itu anggota atau pengurus PAN yang beralih ke Partai Ummat.

Misalnya yang saat ini terjadi di Banyumas, dimana ada beberapa anggota dan pengurus DPD PAN yang resmi menyatakan beralih ke Partai Ummat.

"Di Banyumas tetep ada, tapi tidak banyak.

Sudah ada beberapa kader PAN yang ke Partai Ummat," ujar Ketua Demisioner DPD PAN Banyumas, Arif Harijanto saat dihubungi Tribunbanyumas.com, Sabtu (1/5/2021).

Arif mengatakan jabatannya selesai sebagai Ketua DPD PAN sejak 19 Maret lalu sampai saat ini belum ada kepengurusan yang baru secara resmi.

"Sudah satu setengah bulan, posisi saya demisioner karena sekarang proses Musda berbeda dengan sebelumnya.

SK DPD langsung dari DPP, tidak bisa mengadakan pemilihan secara langsung seperti sebelumnya," terangnya.

Calon Ketua DPD PAN masih menunggu rekomendasi calon dari DPP, yang rencananya akan mengajukan dua calon.

Kondisi ketidakpastian pengurusan inilah yang menurut Arif, menjadi salah satu alasan ada beberapa anggota dan pengurus yang beralih ke Partai Ummat.

"Langkah awal sudah kita panggil yang bersangkutan dan kita mintai klarifikasi, dan jika keputusannya ingin gabung ya kita keluarkan dari PAN," terangnya.

Pihaknya mengaku tidak menghalangi jika ada kader PAN di Banyumas yang beralih ke Partai Ummat.

"Karena itu pilihan, ya monggo, yang jelas ada satu anggota yang ikut dan pengurus juga ada," tambahnya.

PAN Pekalongan Persilakan Gabung

Sementara itu, Ketua DPD Partai PAN Kabupaten Pekalongan Candra Saputra, menilai kehadiran partai Ummat tidak ada masalah karena politik itu pilihan.

"Politik itu kan pilihan mas. Jadi, manakala ada yang gabung ke Partai Ummat kami tidak melarang dan juga tidak gondeli, karena politik itu pilihan," kata Ketua DPD Partai PAN Kabupaten Pekalongan saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (1/5/2021) malam.

Pihaknya mengajak untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan juga memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Jadi semakin banyak partai, semakin banyak pilihan. Tentunya, masyarakat naik banyak yang akan dipilih dan masyarakat di Kabupaten Pekalongan saya rasa semakin dewasa ya nanti partai mana yang akan dipilih," imbuhnya.

Candra yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Pekalongan juga mengatakan bahwa PAN, ada dan tidak adanya Partai Ummat ataupun partai yang lain akan tetap selalu menebar kebaikan untuk masyarakat.

"Di mana pun bahkan sampai ke pelosok desa, Partai PAN akan menebarkan kebaikan kepada masyarakat," jelasnya.

Saat disinggung mengenai, apakah ada saat ini kepengurusan Partai Ummat di Kabupaten Pekalongan, Candra menuturkan kepengurusan Partai Ummat di Kota Santri, ia mengaku belum mengetahui.

"Kepengurusan Partai Ummat sudah ada sepertinya tapi saya tidak mengetahui nama-nama pengurusnya," tambahnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Hadirnya Partai Ummat, Ketua DPD PAN Pekalongan Persilakan Kader Gabung.

Sumber https://m.tribunnews.com/amp/nasional/2021/05/02/amien-rais-dirikan-partai-ummat-kader-pan-di-jateng-ramai-ramai-membelot



Comments