Tewaskan 75 Tentara Taliban, Pasukan Afghanistan Berhasil Ambil Kendali Distrik Arghandab

Redaksi


IDNBC.COM
- Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan pada Minggu (4/4) waktu setempat, bahwa pasukan pemerintah berhasil mengambil  kendali atas distrik Arghandab di Kandahar dari Taliban, menyusul operasi keamanan besar yang menewaskan para pemberontak Taliban.


Dalam pernyataannya, Kemenhan mengatakan bahwa setidaknya ada 75 pejuang Taliban tewas dalam operasi tersebut. Menurut Direktorat Kepolisian Kandahar, sejumlah komandan militan kunci termasuk di antara mereka yang terbunuh.

Kementerian menambahkan bahwa operasi pembersihan juga dilakukan di Provinsi Zabul, Kunar, Nangarhar, dan Takhar di mana puluhan teroris tewas.

Taliban tak terima dan mengutuk kejadian tersebut, seraya memperingatkan akan adanya pembalasan. Kelompok itu juga mengklaim telah membunuh anggota pasukan keamanan Afghanistan di ibu kota Kabul.

"Konvoi unit khusus besar yang ditargetkan dengan VBIED (alat peledak improvisasi terikat kendaraan) & serangan taktis pada jam-jam sore hari ini di daerah Panja Chinar distrik Paghman #Kabul mengakibatkan hingga 45 perwira & pasukan tewas / terluka & beberapa kendaraan hancur," tulis juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid di akun Twitternya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (5/4).

Kekhawatiran akan lebih banyak kekerasan di Afghanistan telah meningkat sejak Presiden AS Joe Biden mengisyaratkan kemungkinan penundaan penarikan pasukan AS.

Pasukan asing telah ditempatkan di Afghanistan sejak 2001. Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh AS dan Taliban di Qatar pada Februari 2020, militer AS harus sepenuhnya meninggalkan Afghanistan pada Mei.  

Hingga saat ini, sekitar 2.500 tentara AS masih berada di tanah Afghanistan.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/05/481868/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-05-481868-tewaskan-75-tentara-taliban-pasukan-afghanistan-berhasil-ambil-kendali-distrik-arghandab

Comments