Putin: Siapa Pun Yang Memprovokasi Rusia dan Melewati Garis Merah, Dia Akan Menyesal

Redaksi


IDNBC.COM
- Rusia tidak menginginkan permusuhan dengan pihak mana pun. Bagi mereka yang memprovokasi dengan maksud untuk merusak hubungan, maka mereka akan menyesal. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hal itu dalam pidato kenegaraan di Moskow, Rabu (21/4). 


Pidato itu menanggapi banyaknya kritikan dan protes atas ketegangan Rusia dengan Barat terkait Ukraina dan persoalan pemimpin oposisi Alexei Navalny yang tidak sehat di dalam penjara.

Rusia menginginkan hubungan yang baik dengan semua negara-negara di dunia, kata Putin. Sejauh ini Rusia berperilaku 'sangat menahan diri' meskipun ada banyak sikap dan tindakan tidak ramah terhadap negara itu.

"Jika ada pihak menganggap niat baik kami sebagai ketidakpedulian atau kelemahan, dan ia memiliki tujuan untuk memprovokasi dan meledakkan 'jembatan' ini, maka ia harus tahu bahwa Rusia akan bereaksi dengan tanggapannya yang cepat dan tangguh," ujar Putin, seperti dikutip dari ABC News.

Ia berbicara di depan kerumunan para pemimpin politik, pejabat, dan selebriti, dengan tetap memberi jarak sosial.

Ini adalah pidato tahunan Putin yang ke-17 selama menjadi presiden. Rusia tengah didera banyak serangan dari Barat terkait beberapa hal, ditambah dengan sanksi baru baru dari AS.

Di dalam pidatonya itu, Putin juga mengingatkan jangan sampai Barat melewati 'garis merah' Rusia, yang tentunya akan melahirkan tanggapan keras dari Moskow.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/22/484690/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-22-484690-putin-siapa-pun-yang-memprovokasi-rusia-dan-melewati-garis-merah-dia-akan-menyesal



Comments