Perseteruan Rusia-Ukraina: Kapal Perang AS Mundur Dari Laut Hitam

Redaksi


IDNBC.COM
- Kedutaan Besar AS pada Rabu (14/4) mengumumkan bahwa kapal perang AS yang menuju Laut Hitam saat ini telah berbalik arah dan menuju Pulau Kreta, Yunani. 


Kedutaan Besar AS telah memberi tahu pihak berwenang Turki tentang masalah tersebut, menghindari apa yang dikhawatirkan banyak pihak mengenai ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Sehari sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov memperingatkan agar Washington menjauh dari wilayah Laut Hitam dan menghentikan provokasi mereka di sana. Keberadaan AS di area itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan permasalahan yang dihadapi Rusia dan Ukraina, dan hanya menambah panas suasana.

Sumber diplomatik Turki pada Jumat mengatakan bahwa AS mengirim dua kapal perang melalui Selat Turki menuju Laut Hitam sejalan dengan Konvensi Montreux. Kapal-kapal tersebut diinformasikan akan tetap berada di Laut Hitam hingga awal Mei.

Pengiriman kapal itu menyusul langkah Rusia yang meningkatkan kehadiran militernya di perbatasan timur Ukraina.

Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014. AS mengirim dua kapal perangnya ke Laut Hitam beberapa hari lalu di tengah eskalasi pertempuran di timur Ukraina di mana pasukan pemerintah telah memerangi pasukan yang didukung Rusia dalam konflik yang menurut Kyiv telah menewaskan 14.000 orang.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/15/483593/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-15-483593-perseteruan-rusia-ukraina-kapal-perang-as-mundur-dari-laut-hitam

Comments