Pemprov DKI Jakarta Pertahankan Juara Umum Kompetisi Kinerja Kehumasan dan Komunikasi Tingkat Nasional

Redaksi


IDNBC.COM
- Dalam era keterbukaan informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan pengembangan komunikasi yang strategis dan efektif dalam menyampaikan informasi, kebijakan publik, inovasi layanan, serta capaian- capaian kinerja agar dapat diketahui secara masif oleh masyarakat sebagai penerima manfaat dari berbagai program yang diselenggarakan oleh Pemerintah.


Atas konsistensinya dalam mengelola komunikasi yang efektif, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta berhasil kembali memenangkan Platinum Awards (Juara Umum) Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kota/ Kabupaten) pada Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2021 yang diselenggarakan oleh PR Indonesia. PRIA 2021 merupakan kompetisi secara komperhensif pada kinerja kehumasan/ komunikasi tingkat Nasional. Tidak tanggung- tanggung, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta menyabet 7 (tujuh) penghargaan sekaligus.

Bahkan, sejak pertama kali mengikuti kompetisi tersebut pada tahun 2020, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta langsung meraih Platinum Awards (Juara Umum) Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten). Atas capaian tersebut, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya serta mempersembahkan penghargaan ini kepada warga DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali meraih Juara Umum Public Relations Indonesia Awards Tahun 2021. Penghargaan ini kami persembahkan kepada warga DKI Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada kinerja pemerintah dan memberikan dukungannya dalam mewujudkan pelayanan publik yang Prima di Jakarta. Tentunya pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan,” ungkap Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra di Mal Pelayanan Publik, Kamis (1/4), seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Benni menambahkan, dalam berbagai kesempatan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, senantiasa mengarahkan kepada seluruh Perangkat Daerah agar menggunakan pendekatan Kehumasan/ Komunikasi Masyarakat yang strategis dan efektif dalam menyampaikan berbagai program, kebijakan dan kinerja Pemprov DKI Jakarta kepada masyarakat.

“Sebagaimana arahan Pak Gubernur, kami senantiasa menggunakan pendekatan Kehumasan/ Komunikasi Masyarakat yang strategis dengan perencanaan yang efektif dalam penyampaian pesan, sehingga masyarakat dapat menerima pesan yang disampaikan dan memahami dengan mudah terkait berbagai program, kebijakan dan kinerja DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Hal ini juga yang mendasari dalam Penilaian Penjurian PRIA 2021, sehingga kami meraih Juara Umum,” ujar Benni.

Benni turut memaparkan, sejak tahun 2020, dalam menghadapi pandemi COVID-19, dirinya menggagas program kampanye publik 'Urus Izin Bisa Dari Rumah' yang merupakan bagian dari tema besar Kampanye Publik DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta 'Urus Izin Sendiri itu Mudah'. Hal ini bertujuan mengajak warga Ibu Kota untuk melakukan pengurusan perizinan dan nonperizinan dengan optimalisasi pelayanan daring melalui aplikasi perizinan JakEVO, melakukan konsultasi atau penyuluhan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, serta mengajak warga Ibu Kota untuk memanfaatkan inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB).

“Berbagai program penyuluhan terpadu / komunikasi masyarakat dalam Kampanye Publik 'Urus Izin Bisa Dari Rumah', dikemas secara kreatif dan inovatif, serta mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Di tengah situasi pandemi, Instansi Pemerintah tetap harus bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan yang ada,” pungkas Benni.

Berdasarkan hasil seleksi dan penilaian yang komprehensif, Dewan Juri PRIA 2021 memutuskan memberikan 7 (tujuh) penghargaan sekaligus kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, dalam penilaian kinerja kehumasan/komunikasi secara Komprehensif di Indonesia tersebut, sebagai berikut:
• Platinum    Awards    (Juara    Umum)    PRIA    2021    Kategori    Pemerintah    Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten);
• Pemenang PRIA 2021 Kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler di Media Cetak;
• Best Presenter PRIA 2021 Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten)- Rinaldi, S.I.Kom., M.Si., Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;
• Gold Winner Kategori Departement PR- Kinerja Penyuluhan Terpadu/ Komunikasi Masyarakat Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta;
• Gold Winner Sub Kategori Aplikasi – Aplikasi Perizinan Daring, Jakarta Evolution (JakEVO);
• Gold Winner Sub Kategori Krisis- Penanganan Krisis Perizinan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM);
• Gold Winner Sub Kategori Government PR- Kampanye Publik Urus Izin Sendiri #BisaDariRumah , Urus Izin Sendiri Itu Mudah

Komitmen Amanah, Kunci Pertahankan Gelar Juara Umum
Kampanye Publik 'Urus Izin Sendiri itu Mudah' dilakukan dengan berbagai program penyuluhan terpadu/ komunikasi masyarakat yang dikemas secara kreatif, inovatif dan mudah diterima oleh masyarakat luas, salah satunya Program Talkshow Televisi Layanan Jakarta On TV yang ditayangkan setiap selasa pukul 18.30 di Stasiun Televisi Nasional, GPR TV dengan berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, adapun Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi sebagai presenter dalam tayangan talkshow yang mengedukasi dan selalu dinanti oleh warga Nusantara tersebut.

Berbagai program kampanye publik terus dilakukan melalui komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati dan telah berhasil menuai prestasi membanggakan.

Ditemui secara terpisah, Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sekaligus Best Presenter PRIA tahun 2020 dan 2021, Rinaldi, mengungkapkan berbagai kebijakan dan program Pemerintah serta Kegiatan Strategis Daerah tidak akan berjalan optimal tanpa komunikasi yang berkesinambungan dan masif.

“Komunikasi menjadi begitu strategis dan mengambil peranan penting. Berbagai program penyuluhan terpadu/ komunikasi masyarakat yang dihadirkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa dikemas dengan mengikuti tren namun tetap memiliki unsur edukasi, nilai berita dan hal- hal positif yang dapat ditularkan untuk menggerakkan masyarakat agar mau mengurus perizinan dan non-perizinan secara mandiri, tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga” ujar Rinaldi.

Lebih lanjut, Rinaldi menambahkan bahwa meraih Juara Umum Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kota/ Kabupaten) dalam PRIA 2021 bukanlah hal yang mudah namun berbagai tantangan dan ketatnya penilaian Dewan Juri telah berhasil ditaklukkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk mempertahankan gelar Juara Umum.

“Tahun ini, Penjurian PRIA 2021 mengalami perubahan dari awalnya dipisah dalam 3 Kategori, yaitu Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten namun di tahun ini hanya menjadi 1 Kategori yaitu Pemerintah Daerah” ujar Rinaldi.

Rinaldi menambahkan, persaingan untuk memperebutkan gelar Juara Umum kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/ Kota/ Kabupaten) pada PRIA 2021, begitu ketat dan penuh tantangan, terlebih menurutnya berbagai program komunikasi pemerintah daerah di Indonesia begitu beragam dengan kinerja kehumasan/komunikasi yang sangat baik.

Sebagai informasi, Pemilihan Pemenang The 6th PRIA 2021 dilakukan dengan penilaian secara komprehensif oleh Para Dewan Juri yang terdiri dari Para Profesional di bidang Design, Branding, Media Sosial dan Fotografi serta Para Guru/Tokoh Kehumasan & Komunikasi di Indonesia. Adapun penjurian diselenggarakan pada tanggal 16 Februari s.d. 4 Maret 2021 dan pengumuman pemenang perhelatan akbar tersebut dilakukan secara Virtual melalui Live Streaming Youtube PR Indonesia pada tanggal 31 Maret 2021 dengan mengangkat tema 'Komunikasi Menyatukan Negeri'.

PRIA 2021 merupakan Kompetisi Kehumasan/ Komunikasi dan Informasi/ Public Relations paling komprehensif di Indonesia, yang telah diikuti oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta bersama 599 entry yang berasal dari Perusahaan Nasional/ Multinasional, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, Anak Usaha BUMD, Pemerintah Kota/Kabupaten/Provinsi, Lembaga, Kementerian, Perguruan Tinggi dan Agensi PR di seluruh Indonesia.

Selain DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta peraih Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2021, Platinum juga diberikan kepada PT Pertamina EP kategori Anak Usaha BUMN, PT BNI (Persero) Tbk. Kategori BUMN, Danone Indonesia Kategori Swasta, dan Kementerian Keuangan Kategori Kementerian. Platinum adalah apresiasi tertinggi yang diberikan kepada peserta yang telah menghimpun penghargaan terbanyak di hampir semua lini kategori PRIA 2021.

Sumber https://m.beritajakarta.id/amp/read/88208/pemprov-dki-jakarta-pertahankan-juara-umum-kompetisi-kinerja-kehumasan-dan-komunikasi-tingkat-nasional

Comments