Kapal Raksasa Kembali Terjebak di Terusan Suez

Redaksi


IDNBC.COM
- Kapal raksasa kembali terjebak di jalur perdagangan dunia, Terusan Suez, Mesir, Selasa (6/4). Insiden itu terjadi tak lama setelah kapal MV Ever Given yang sempat terjebak di sana berhasil dievakuasi.


Kapal M/T Rumford itu mogok di bagian selatan Terusan Suez karena mesinnya mati tiba-tiba.

Namun gangguan itu tidak berlangsung lama. Otoritas Terusan Suez (SCA) langsung mengirim kapal tunda Tim Hope dan Mosaed 3 untuk membantu tanker itu.

"Otoritas segera menangani masalah mesin salah satu kapal yang melintasi Terusan Suez, kapal tanker minyak Rumford dengan muatan 62.000 ton," kata SCA seperti dikutip dari Reuters.

Kepala SCA Osama Rabie mengatakan masalah tersebut hanya berlangsung sekitar 10 menit.

"Kapal tunda menangani insiden tersebut secara profesional dan kapal tanker melanjutkan kembali perjalanan setelah masalah diperbaiki oleh awak kapal."

SCA memastikan lalu lintas pelayaran tidak terpengaruh oleh kejadian tersebut. Sebanyak 84 kapal berhasil melintasi kedua sisi Terusan Suez pada hari itu.

Insiden itu sempat dilaporkan membuat lalu lintas pelayaran tersumbat.

Laporan melambatnya lalu lintas di jalur perdagangan global itu memang sangat sensitif setelah insiden kapal Ever Given yang menghambat jalur selama hampir seminggu pada Maret lalu dan membuat rantai pasokan internasional berantakan.

Saat ini SCA tengah mempertimbangkan untuk memperluas jalur bagian selatan Terusan Suez, tempat kapal Ever Given terjebak.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210407081437-120-626820/kapal-raksasa-kembali-terjebak-di-terusan-suez/amp

Comments