Jokowi Reshuffle Kabinet Sore Ini, Nadiem MendikbudRistek

Redaksi


IDNBC.COM -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kocok ulang atau reshuffle kabinet hari ini. Salah satu menteri yang akan dilantik adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.


Sumber CNNIndonesia.com di lingkaran Istana menyebut Jokowi akan melantik dua menteri. Selain Nadiem, ada nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

"Iya (reshuffle kabinet). Dua menteri," kata sumber CNNIndonesia.com di lingkaran Istana Kepresidenan pada Selasa (27/4).

Sumber tersebut tak memastikan apakah ada nama lain yang akan dilantik Jokowi hari ini. Namun, ia menyebut reshuffle kali ini digelar terbatas.

Reshuffle kabinet kali ini menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian. Nomenklatur baru itu merupakan usul Presiden Joko Widodo.

Dalam nomenklatur baru, Jokowi mendirikan kementerian baru bernama Kementerian Investasi. Kementerian ini disebut sebagai pengembangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Selain itu, Jokowi juga mengusulkan peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. Kemenristek akan diubah menjadi direktorat jenderal di Kemendikbud.

Di saat yang sama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dilepas dari Kemenristek. BRIN akan berdiri sendiri sebagai lembaga negara yang berada langsung di bawah presiden.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, reshuffle kabinet akan dilakukan pukul 15.30 WIB. Pelantikan menteri-menteri baru akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210428071021-20-635691/jokowi-reshuffle-kabinet-sore-ini-nadiem-mendikbudristek/amp

Comments