Hemat Uang Belanja Pakai Kompor Listrik Versi Erick Thohir

Redaksi


IDNBC.COM
- Kompor listrik menjadi salah satu opsi untuk mengerem impor LPG. Maka itu, pemerintah tengah mendorong pemakaian kompor ramah lingkungan tersebut.


Selain itu, kompor listrik juga memberikan keuntungan bagi masyarakat. Sebab, pemakaian kompor listrik disebut lebih irit.

Dalam acara penandatangan nota kesepahaman yang merupakan sinergi antara PLN dengan BUMN dan Kementerian PUPR, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, pihaknya bersama kementerian lain berusaha mendorong pemakaian kompor listrik. Erick bahkan menyebut, untuk yang meminjam uang di Bank BTN harus memiliki kompor listrik.

"Kita juga bicara mengenai kompor listrik ini, kami kementerian dan tentu PLN man-challenge bener nggak, kalau diganti kompor masyarakat juga menghemat? Kalau diganti kompor nambah ya pasti nggak mau. Karena kita coba hitung rata-rata per bulannya makanya keluar angka Rp 147 ribu dengan (kompor) listrik Rp 118 ribu," katanya dalam acara Sinergi PLN dengan BUMN & Kementerian PUPR, Rabu (31/3/2021).

"Karena itu kita memberanikan diri, menggerakkan program ini bersama seluruh kementerian supaya masyarakat juga bisa menggunakan kompor listrik, dan didukung tadi kepada fasilitas-fasilitas yang memang terus dibangun pemerintah, baik Perumnas ataupun (BUMN) Karya-karya yang mendapat penugasan. Bahkan sama BTN juga sama, semua yang minjam uang ke BTN ya harus pakai kompor listrik juga termasuk swasta," terangnya.

Sementara, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyebut ada tiga nota kesepahaman yang ditandai. Pertama, PLN dan 9 BUMN bidang jasa konstruksi sepakat untuk mewujudkan kemandirian, ketahanan energi nasional dan mewujudkan energi bersih.

"Kedua PLN menegaskan kembali kerja sama dengan Bank BTN dalam rangka mendukung gerakan konversi 1 juta kompor LPG ke kompor induksi serta pemanfaatan layanan perbankan," lanjutnya.

Ketiga, PLN bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) tentang integrasi data pengguna listrik penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Dengan tercapainya kesepakatan tersebut menjadi landasan bersama untuk mendorong penggunaan kompor induksi pada proyek unit perumahan dan apartemen yang sedang dan akan dibangun, menciptakan kemudahan mitra kerja yang menerapkan program konversi kompor LPG ke kompor induksi," ujarnya.

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, rumah subsidi harus dihuni setahun setelah dibangun. Dengan ada sinergi data dengan PLN, pihaknya bisa memonitor rumah yang dihuni dari pemakaian listrik.

"Karena 1 tahun setelah rumah dibangun harus bisa dihuni, dengan sinergitas data ini kita bisa memonitor untuk kepentingan kami tapi untuk kepentingan nasional, kalau dulu dari minyak tanah ke LPG orang tadinya bilang ini bahaya ini meledak, tapi sekarang LPG ke listrik satu lebih hemat, yang kedua lebih bersih, yang ketiga menghemat pengeluaran negara jadi kami sangat bersemangat untuk bersinergi," ujarnya

Perbanding Pakai Mobil-Kompor Listrik dan Konvensional

Pada acara itu Erick Thohir menyebut, pemakaian mobil listrik lebih irit dibanding mobil yang memakai BBM. Hal itu terbukti dari uji coba mobil listrik yang dilakukan pada awal tahun ini.

"Di awal tahun kita membuktikan bahwa dari Jakarta sampai Bali kalau naik mobil bensin habis Rp 1,1 juta tapi dengan mobil listrik Rp 250 ribu," katanya.

Dia melanjutkan, pemakaian kompor listrik juga lebih irit dibanding dengan kompor LPG. Penggunaan kompor listrik ini juga penting untuk mengurangi impor.

"Kembali kita memberanikan diri bagaimana kompor listrik sama juga di ketahanan energi. Kalau 15 juta kompor listrik terpakai ini penghematan luar yang biasa dalam menekan impor LPG," ujarnya.

Erick bilang, rata-rata penggunaan kompor LPG per bulan sebesar Rp 147 ribu per bulan. Sementara, untuk kompor listrik biaya yang dikeluarkan Rp 118 ribu per bulan.

"Sama yang disampaikan toh rakyat diuntungkan, yang rata-rata biaya memasak di rumah Rp 147 ribu per bulan dengan kompor listrik menjadi Rp 118 ribu per bulan, hemat lagi 20% jadi kan sama-sama untung. Jadi pemerintah untung, rakyat untung toh buat kita semua yang namanya ketahanan energi," katanya.

Sumber https://finance.detik.com/energi/d-5516091/hemat-uang-belanja-pakai-kompor-listrik-versi-erick-thohir

Comments