AS Siapkan Rencana Darurat Jika Afghanistan Dilanda Perang Saudara Pasca Penarikan Pasukan

Redaksi


IDNBC.COM -
Amerika Serikat (AS) tengah menggodok rencana darurat jika Afghanistan dilanda perang saudara setelah Washington dan NATO menarik pasukannya. 


Hal itu diungkap oleh utusan khusus AS, Zalmay Khalilzad dalam sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat tentang Afghanistan pada Selasa (27/4).

Khalilzad menyebut sejauh ini pihaknya belum merampungkan rencana apapun. Namun salah satu kemungkinan adalah dengan pengerahan pasukan penjaga perdamaian PBB di Afghanistan.

"Pengerahan pasukan penjaga perdamaian PBB di Afghanistan setelah penarikan pasukan Amerika adalah sebuah kemungkinan, tetapi (keputusan) itu belum muncul," kata Khalilzad, seperti dikutip Sputnik.

Menurut Khalilzad, AS akan meminta PBB untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam mempromosikan dan memfasilitasi proses perdamaian di Afghanistan.

Presiden Joe Biden telah mengumumkan akan menarik pasukan AS dimulai 1 Mei dengan tenggat waktu 11 September.

Penarikan pasukan merupakan bagian dari kesepakatan damai yang disetujui oleh Taliban dan AS di bawah pemerintahan Donald Trump tahun lalu.

Dalam kesepakatan tersebut, AS akan menarik pasukannya  dari Afghanistan jika Taliban menghentikan kekerasan dan memulai dialog damai dengan pemerintah di Kabul.

Sumber https://rmol.id/amp/2021/04/28/485629/https-dunia-rmol-id-read-2021-04-28-485629-as-siapkan-rencana-darurat-jika-afghanistan-dilanda-perang-saudara-pasca-penarikan-pasukan

Comments