Sandi Sebut Kapolri Restui Konser Musik hingga Acara Olahraga

Redaksi


IDNBC.COM
- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung penuh pelaksanaan kegiatan masyarakat, berupa event musik hingga pekan olahraga.


Dukungan ini diakui Sandi, didapat saat dia melakukan rapat bersama Kapolri Listyo Sigit secara virtual, Selasa (9/3) kemarin. Sejumlah kegiatan yang bisa kembali digelar dengan protokol ketat di tengah pandemi yakni, olahraga, musik, MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) serta acara budaya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri beserta jajarannya, karena hasil daripada video conference call kemarin mendapat respons yang sangat positif dari pelaku industri event, baik itu penyelenggara event di bidang olahraga, musik, MICE dan event berbasis budaya," kata Sandi, dikutip dari keterangan, Rabu (10/3).

Sandi mengingatkan meski telah mendapat persetujuan Kapolri, kegiatan-kegiatan itu tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan menurut Sandi harus memenuhi unsur CHSE, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

"Pernyataan Bapak Kapolri membangkitkan harapan, ini tugas kami untuk terus menebar optimisme bahwa kita harus segera bangkit," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga meminta agar para penyelenggara tetap menomorsatukan kegiatan berbasis digitalisasi. 

Kata dia, jika lokasi acara berstatus zona hijau, kegiatan dapat dilaksanakan terbuka dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Namun, jika lokasi acara berstatus zona kuning, acara digelar dengan mengadopsi konsep hibrid, yakni dibuka terbatas serta virtual.

"Dan seandainya tidak dalam posisi untuk dilakukannya kegiatan (zona merah), maka akan ada opsi untuk menjalankan kegiatan tersebut melalui virtual," kata Sandi.

"Fleksibilitas inilah yang mudah-mudahan teman-teman event yang bisa membangun," jelasnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut penyelenggaraan semua kegiatan akan dilakukan dengan sinergi antara Kemenparekraf dan Polri, serta Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah.

Hal ini dilakukan agar memastikan kegiatan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Mengingat, seluruh kegiatan tersebut berbasis risiko.

"Pada intinya kami menyambut ini sebagai satu titik terang, secercah harapan agar kegiatan di sektor ekonomi kreatif, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan event bisa berlangsung kembali," kata Sandi.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210310112546-20-615944/sandi-sebut-kapolri-restui-konser-musik-hingga-acara-olahraga/amp

Comments