Roy Suryo Sindir Jokowi Benci Produk Asing: Tak Naik Esemka?

Redaksi


IDNBC.COM
- Mantan politikus Partai Demokrat Roy Suryo menyinggung soal mobil Esemka terkait seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada masyarakat untuk membenci produk luar negeri.


Sindiran itu disampaikan dengan cara membalas kicauan Jokowi di media sosial Twitter. Ia mempertanyakan Jokowi yang tak menggunakan Esemka saat kunjungan kerja ke Banten hari ini.

"Tadi naik helikopter apa produk asli PTDI (PT Dirgantara Indonesia)? Kenapa tidak naik Esemka yang 'katanya' produk Nasional?" tulis Roy Suryo lewat akun @KRMTRoySuryo2, Kamis (4/3).

Roy juga menyindir aktivitas Jokowi di Twitter yang merupakan produk luar negeri.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era SBY ini pun mempertanyakan keseriusan ajakan Jokowi membenci produk luar negeri. Ia meminta Presiden menjadi contoh di depan, sedangkan rakyat mendukung dari belakang.

"Kita tut wuri handayani saja, presiden harusnya sung tuladha," kata Roy.

Dalam kesempatan lain, Jokowi juga terlihat menggunakan iPad ketika memberikan keterangan ketika mencabut investasi miras dalam Perpres 10/2021 pada 2 Maret 2021. Mantan Wali Kota Solo ini kerap terlihat membawa iPad saat memimpin rapat kabinet.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta aparat pemerintah menggencarkan promosi produk dalam negeri. Di saat yang sama, ia meminta para pembantunya mengampanyekan benci produk luar negeri.

Jokowi berharap cara itu bisa menjadikan warga Indonesia sebagai konsumen loyal produk dalam negeri. Ia menyebut Indonesia punya potensi pasar yang besar dengan keberadaan 270 juta penduduk.

"Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 pada Kamis (4/3).

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210304194649-20-613902/roy-suryo-sindir-jokowi-benci-produk-asing-tak-naik-esemka/amp



Comments