Rombongan Emak-emak Naik PCX dan NMAX, Geng Motor Paling Ditakuti

Redaksi


IDNBC.COM
- Di Indonesia sepeda motor menjadi kendaraan dengan populasi terbanyak. Banyak alasan orang lebih memilih motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Diantaranya karena dapat terhindar macet, dan harga jualnya yang terjangkau.


Soal tata tertib berkendara, ternyata tidak semua pengguna sepeda motor paham dengan aturan yang ada. Salah satu yang kerap menjadi sorotan adalah ketidakpahaman emak-emak, saat menunggangi si kuda besi di jalan raya.

Cukup banyak video viral yang beredar di media sosial, hingga kejadian unik pengguna jaalan saat bertemu emak-emak mengendarai motor. Diantaranya menyalakan lampu sein yang tidak sesuai dengan arah manuvernya.

Bukan hanya itu, ada juga beberapa tayangan memperlihatkan emak-emak melakukan rem mendadak, sampai menerobos rambu-rambu lalu lintas. Maka tidak heran jika mereka mengendarai motor cukup menyita perhatian.

Terlebih emak-emak tersebut konvoi layiknya komunitas, seperti video yang diunggah akun Instagram @ndorobeii. Dalam tayangan itu terlihat, rombongan wanita berhijab mengendari Honda PCX, dan Yamaha NMAX 155.

“Geng motor palng ditakuti, lokasi: Pasirian Lumajang,” tulis statusnya dikutip 100kpj, Rabu 3 Maret 2021.

Bahkan emak-emak tersebut tidak ada yang mengenakan perlengkapan keselamatan, seperti helm, sarung tangan, hingga jaket. Bukan hanya itu, salah satu pengguna Honda PCX 150 berwarn hitam terlihat melanggar aturan.

Sebab motor matik berdimensi gambot itu tidak dilengkapi plat nomor. Namun tanpa merasa bersalah, mereka melambaikan tangan ke hadapan kamera saat pengambilan video. Tidak diketahui jelas, rute yang dilewatinya saat konvoi.

Hal lain yang menjadi sorotan, emak-emak pengendara NMAX dan PCX itu tidak ada yang mengenakan masker. Padahal dalam kondisi pandemi covid-19, setiap orang yang melakukan kegiatan di luar ruah diwajibkan bermasker

Video yang sudah ditonton lebih dari 120 ribu warganet itu mengundang banyak komentar. Sebagian besar menyebut kerudung yang digunakan terlalu panjang, sehingga membahayakan karena dikhawtirkan masuk ke dalam roda.

“Beban suami,” tulis komentar @akbardeni76, “Geng emak2 buronan lising,” kata @khamdihardian. “Takut kerudungnya masuk roda,” tulis komentar akun @tyasih_. “Gak ada yang pakai helm,” tulis @kreasimotivasi.

Beberapa waktu lalu Komandan BM polwan Polri AKP Natalia Rungkat sempat mengatakan, bahwa ibu-ibu umumnya hanya memahami sepeda motor secara fungsional, yaitu kendaraan yang dapat berpindah tempat untuk mobilitas sehari-hari.

Artinya mereka hanya memahami bagaimana mengendarai motor, bukan memahami fungsi atau fitur dari si kuda besi bermesin tersebut. Maka tidak heran, jika pengendarai lain kerap dibuat jengkel dengan tingkah laku emak-emak saat di jalan raya.

“Pemahaman akan teknis dan tata cara berkendara yang baik juga perlu diberikan,” ujar Natalia saat ditemui 100KPJ

Sumber https://www.100kpj.com/amp/motonews/11461-rombongan-emak-emak-naik-pcx-dan-nmax-geng-motor-paling-ditakuti



Comments