Nyali Besar, Kapal Perang TNI AL Tempel Konvoi Kapal Militer Thailand

Redaksi


IDNBC.COM
- Keberanian Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari aktivitas militer asing benar-benar patut diacungi jempol.


Kali ini baru saja salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut, yakni KRI Todak-631 yang berada di bawah kendali operasi (BKO) Gugu Keamanan Laut (Guskamla) I, menempel kapal perang militer Thailand di Perairan Selat Singapura atau sekitar timur laut suar Karang Banteng.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan keterangan resmi TNI AL, ada tiga kapal perang militer Thailand yang berhadapan langsung dengan KRI Todak-631 yang dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Anro Casanova.

Ketiga kapal perang militer Thailand itu yakni  RTN-422 (HTMS Taksin) Class Frigate, RTN-442 (HTMS Sukhothai) Class Corvette, dan RTN-911 (HTMS Chakri Naruebet) Class STOL Carrier.

Aksi berani KRI Todak-631 ini adalah wujud eksistensi kehadiran di wilayah kedaulatan RI dengan melaksanakan komunikasi channel 16 kemudian pindah ke channel 17.

Dari komunikasi baik itu diketahui bahwa ketiga kapal perang militer Thailand sedang melaksanakan konvoi dari Phang Nga Navy Base menuju Songkhla Naval Base dilanjutkan Flashex terhadap RTN-422 dan RTN-442.

Hasil pengamatan diperoleh informasi pergerakan konvoi kapal perang Thailand RTN-422 (HTMS Taksin) Halu 055, cepat 14 knots, RTN-442 (HTMS Sukhothai), RTN-911 (HTMS Chakri Naruebet).

Sementara itu menurut Panglima Koarmada I, Laksamana Muda Abdul Rasyid, apa yang dilakukan KRI Todak dalam kegiatan rutin di perbatasan RI itu merupakan bentuk kesiagaan tinggi mengantisipasi berbagai dinamika yang terjadi.

"Seluruh aset baik KRI, MPA, Helly serta fasilitas Surveillance System yang di bawah kendali operasi Guskamla Koarmada I sampai saat ini mampu menciptakan situasi keamanan laut aman dan terkendali," kata Pangkoarmada I.

Untuk diketahui KRI Todak merupakan kapal patoli cepat TNI Angkatan Laut. Kapal ini memiliki kemampuan anti kapal permukaan. Kapal buatan PT PAL ini bukan sembarang kapal perang, di tubuhnya bersemayam meriam bofors SAK 57/70 dan SAK 40/70, serta senjata penangkis serangan udara Rheinmetall.

Sumber https://www.viva.co.id/amp/militer/militer-indonesia/1360217-nyali-besar-kapal-perang-tni-al-tempel-konvoi-kapal-militer-thailand



Comments