Ma'ruf Amin: Kualitas SDM di NTB Masih Tertinggal

Admin


IDNBC.COM
- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tertinggal dibandingkan daerah-daerah lain. Ma'ruf menyebut peningkatan kualitas SDM menjadi pekerjaan utama bagi Pemprov NTB.

"Kualitas SDM NTB masih tertinggal bila dibandingkan dengan daerah lain," kata Ma'ruf dalam acara wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB ke-2 secara daring, Rabu (3/3).


Berdasarkan data yang dipaparkan Ma'ruf, angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi (PT) di NTB saat ini rata-rata baru mencapai 18 persen.



Mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu lantas mencontohkan Singapura yang memiliki APK-PT sebesar 62,2 persen dan Korea Selatan yang mencapai 91 persen.


Negara-negara maju, kata Ma'ruf, memiliki SDM yang telah dibina melalui pendidikan tinggi. Menurutnya, terdapat korelasi yang positif antara APK-PT dengan kemajuan penguasaan teknologi dan ekonomi di negara-negara maju.


"Korea Selatan telah membanjiri dunia dengan berbagai produk-produk elektronik dan kendaraan yang berkualitas, sementara Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam yang cukup dapat menguasai bisnis internasional dengan sangat baik," ujarnya.


Ma'ruf menyebut Indonesia yang memiliki sumber daya alam melimpah justru harus mengejar ketertinggalan dari negara-negara seperti Korea Selatan dan Singapura. Menurutnya, salah satu faktor ketertinggalan Indonesia adalah kualitas SDM.


"Sebagai sektor yang memegang peranan sangat penting dalam pembangunan, pendidikan merupakan sarana mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan unggul," katanya.


Mantan Rais Aam PBNU itu pun mendorong universitas di NTB harus menyelenggarakan program pendidikan yang lebih bersifat aplikatif, vokasional serta mengajarkan kewirausahaan. Ia juga mendorong agar masing-masing kampus berkomitmen mencetak lulusan profesional.


"Agar lulusannya mampu mengelola dan mengembangkan potensi alam dan pembangunan berbasis kebudayaan setempat," ujarnya.


Sumber https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210303144934-20-613214/maruf-amin-kualitas-sdm-di-ntb-masih-tertinggal




Comments