Dubes Kanada Terpesona Ruang Terbuka Hijau Jakarta Saat Gowes Bareng Anies

Redaksi


IDNBC.COM
- Jakarta telah berbenah dalam tiga tahun ini dalam memperbaiki kualitas lingkungan dan transportasi umum, khususnya ketersediaan jalur sepeda.


Begitu puji Dutabesar Kanada, Cameron MacKay yang bersama dutabesar negara sahabat lain dijamu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama menikmati suasana ibukota pada Kamis (11/3).

"Saya menyukai bersepeda di Jakarta. Jika kita memikirkan kota ini, Jakarta adalah kawasan Metropolitan yang besar. Di kota ini tersedia area terbuka hijau, kita bisa berjalan kali menikmati suasana di trotoar, bisa juga dengan bersepeda," kata Dubes Cameron seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta.



Senada itu, Dutabesar Denmark Lars Bo Larsen juga mengaku sangat menikmati acara bersepeda bareng Anies. Apalagi selama perjalanan, Anies selalu memberi penjelasan tentang ruang terbuka publik, sekaligus fasilitas transportasi umum yang terus diupayakan tetap terintegrasi

Lars berpendapat bahwa dalam suasana pandemi ini, masyarakat harus meningkatkan imunitas kita untuk berolahraga, seperti bersepeda.

Menurutnya, perkembangan moda transportasi sepeda di Jakarta sangat potensial mengingat budaya masyarakat untuk bersepeda sangat tinggi beberapa sejak tahun lalu.

"Ini harus ditingkatkan dan ini peluang bagi Jakarta untuk mewujudkannya, seperti penataan jalur yang lebih banyak lagi. Saya berharap, target Pemprov DKI Jakarta untuk penataan jalur sepeda segera terealisasi," ujarnya.

Sementara itu, Anies mengaku akan berupaya mendorong masyarakat agar mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda dari olahraga atau hiburan menjadi alat transportasi.

Di samping itu, Jakarta telah belajar dari inisiatif yang datang dari berbagai kota besar, seperti belajar dari Tokyo, Paris, Brussel, Medellin, dan banyak kota lainnya terkait jalur sepeda.

"Ini adalah transformasi sederhana, tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda. Kita semua mengharapkan kolaborasi yang kuat untuk berkomitmen dalam menjaga sistem mobilitas yang berkelanjutan, untuk ketahanan perkotaan, serta mencapai target mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 dan emisi bersih pada tahun 2050," demikian Anies.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Dutabesar Belanda, Ardi Stoios-Braken dan Dutabesar Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans. Adapun rute yang dilalui mulai dari Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, melintasi kawasan Sudirman - Thamrin, dan berakhir di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat.

Sumber https://nusantara.rmol.id/read/2021/03/11/478464/dubes-kanada-terpesona-ruang-terbuka-hijau-jakarta-saat-gowes-bareng-anies

Comments