PAN Ogah Ikut Konvensi Capres NasDem di 2022

Redaksi


IDNBC.COM
- Partai NasDem mengajak partai politik untuk ikut dalam konvensi calon presiden yang akan digelar pada 2022. PAN menyatakan pihaknya tidak akan ikut konvensi tersebut karena sudah memiliki mekanisme sendiri terkait pengusungan capres.


"PAN tidak akan ikut di konvensi Partai Nasdem. Alasannya, pertama, PAN sudah memiliki mekanisme partai dalam menjaring dan menetapkan calon presiden yang akan diusung di pemilu presiden," kata juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Waketum PAN ini menjelaskan partainya kini fokus pada konsolidasi internal untuk meningkatkan kualitas sistem kaderisasi. Lebih lanjut, pihaknya juga fokus membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19.

"Kedua, PAN fokus melakukan konsolidasi organisasi, penataan jaringan partai, dan meningkatkan kualitas program perkaderan," ujar Viva.

"Ketiga, PAN memprioritaskan untuk membantu pemerintah dalam memberantas pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional agar rakyat dapat bekerja normal kembali," lanjutnya.

Meski begitu, PAN mengapresiasi konvensi Partai NasDem. PAN menilai NasDem membuka peluang bagi siapa pun yang akan maju pilpres.

"PAN mengapresiasi niat Partai Nasdem untuk menggelar konvensi calon presiden. Hal itu menandakan bahwa NasDem adalah partai terbuka bagi siapa pun anak bangsa yang akan maju di pemilu presiden," ucap Viva.

Sebelumnya, Partai NasDem mengumumkan akan menggelar konvensi capres tahun 2022. Konvensi ini merupakan wujud keterbukaan Partai NasDem bagi anak-anak bangsa yang pantas dan berkualitas untuk memimpin bangsa dan negara sesuai amanat konstitusi.

"Partai NasDem akan secara serius menyelenggarakan konvensi calon presiden pada 2022," kata Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G Plate saat konferensi pers secara daring seperti dikutip dari Antara, Jumat (26/2/2021).

"Konvensi ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom-up, sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan partai sebagai ruang dan basis rekrutmen kepemimpinan nasional," lanjut Johnny.

NasDem mengajak partai politik lain berkoalisi dengan kesamaan visi dan misi. Koalisi lebih awal ini dilakukan agar calon presiden yang dihasilkan dari konvensi telah memiliki tiket untuk maju di Pilpres 2024.

"Dengan tujuan agar konvensi capres menghasilkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang memiliki atau mendapat tiket untuk ikut dalam pemilihan presiden 2024," paparnya.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5472964/pan-ogah-ikut-konvensi-capres-nasdem-di-2022

Comments