Eks Elite PD: Moeldoko Sosok Baik untuk Pimpin Demokrat

Redaksi


IDNBC.COM
- Mantan politikus senior Partai Demokrat HM Darmizal menyebut mantan Panglima TNI Moeldoko sosok yang baik untuk memimpin Partai Demokrat saat ini.


Menurutnya, Moeldoko memiliki karakter yang cocok untuk menjadi pemimpin Demokrat karena terbuka bertemu dengan semua orang atau kelompok.

"Pak Moeldoko yang saya sebutkan tadi adalah seorang jenderal yang tidak memberikan psychological barrier, hambatan-hambatan seseorang, kelompok orang untuk bertemu dengan beliau," ucap Darmizal dalam konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (2/2).

"Kalau konteks pikiran saya pribadi, tokoh seperti ini, berperilaku seperti ini, yang sangat baik untuk menjadi pemimpin Partai Demokrat saat ini dan ke depan, ya itu salah satunya yang berkarakter seperti ini," imbuh mantan Wakil Ketua Komisi Pengawas Demokrat itu.

Dalam kesempatan yang sama, politikus senior Partai Demokrat Ahmad Yahya menyatakan bahwa pihaknya memiliki sejumlah keluhan terhadap kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Demokrat.

Pertama, menurutnya, DPP Demokrat di bawah kepemimpinan AHY meminta dan memungut iuran dari setiap anggota fraksi di DPD dan DPC. Menurutnya, hal tersebut menjadi beban tersendiri bagi kader Demokrat di daerah.

Selanjutnya, kata Ahmad, DPP Demokrat juga telah mencederai janji dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. DPP Demokrat disebutnya tidak memenuhi biaya operasional sebesar 50 persen sehingga mesin partai tidak berjalan maksimal.

Selain itu, katanya, kader juga mengeluhkan proses pemilihan calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020.

"Proses penentuan pasangan calon kepala daerah di provinsi, kabupaten, kota yang diusulkan oleh Demokrat pada kepemimpinan sebelumnya diserahkan kepada pengurus DPD dan DPC di daerah masing-masing. Namun, setelah kepemimpinan tersebut sepenuhnya ditarik ke DPP dan tidak memperhatikan usulan daerah," kata Ahmad.

Pujian terhadap Moeldoko dan kritik terhadap AHY ini muncul di tengah

 isu rencana kudeta di pucuk kepemimpinan Partai Demokrat.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menuding Moeldoko sebagai dalang rencana kudeta. Tujuan kudeta terkait dengan pencapresan di Pilpres 2024.

"Mereka [pengurus Demokrat] dipertemukan langsung dengan KSP Moeldoko yang ingin mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat secara inkonstitusional untuk kepentingan pencapresan 2024," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/2).

Selain Moeldoko, politikus lain yang terlibat rencana kudeta terdiri dari mantan kader dan kader partai yang masih aktif.

Herzaky mengatakan hal tersebut berdasarkan pengakuan dari para pengurus pimpinan pusat dan daerah Partai Demokrat yang sempat bertemu dengan Moeldoko. Pertemuan itu, kata dia, turut membahas kudeta bagi pimpinan Demokrat.

Ia mengatakan tindakan Moeldoko itu dinilai sebagai penyalahgunaan kekuasaan dengan cara mencatut nama Presiden Joko Widodo.

Sumber https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210202142606-32-601322/eks-elite-pd-moeldoko-sosok-baik-untuk-pimpin-demokrat




Comments