Dino Patti Djalal Ungkap Sistem Kerja Sindikat Mafia Tanah: Kayak Piramid

Redaksi


IDNBC.COM
- Eks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal berharap kasus mafia tanah kepemilikan ibunya ini cepat terselesaikan. Ia mengatakan polisi harus segera menangkap dalang dalam kasus mafia tanah tersebut.


"Harapannya tentu semakin terkuak siapa yang menyuruh dia. Ini kan kayak main piramid gitu, di bawahnya udah ketangkap setelah itu siapa di atasnya. Jadi harus diungkap terus," ujar Dino Patti Djalal kepada wartawan di Mayapada Tower, Selasa (16/2/2021).

Ia menilai saat yang tertangkap hanya pelaku level bawah. Sedangkan, dalang dalam kasus ini belum tertangkap.

"Saya nggak mau itu apa, di bawahnya kena tapi yang di atas nggak ketangkap," tegas Dino.

Dino Patti Djalal menjelaskan sindikat mafia tanah sudah ada sistem yang diatur dengan rapi dan terstruktur. Ia menyebut para pelaku memiliki peran masing-masing.

"Untuk kasus mafia tanah karena sindikat itu emang begitu ada perencanaannya, ada sistemnya, ada bagian yang pura-pura jadi pembeli terus ada juga bagian broker, ada juga yang bikin KTP palsu, ada yang mencari figur ada yang apa namanya cari founder," jelasnya.

"Ini benar-benar yang harus dibongkar tuntas," lanjutnya.

Ia menilai jika dalang kasus mafia tanah itu tak ditangkap akan merugikan orang lain. Sebab, menurutnya, kasus serupa bisa terjadi lagi dan menimpa orang lain.

"Karena selama kroconya yang tertangkep apa? Mereka bisa melakukannya lagi 10 kali lipat untuk 10 tahun ke depan dengan orang-orang lain karena perencanaannya nggak pernah tertangkap gitu," lanjutnya.


Diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membentuk tim khusus (timsus) untuk mengusut dugaan mafia tanah yang 'jarah' rumah Ibunda Dino Patti Djalal. Polisi juga melibatkan Satgas Mafia Tanah hingga Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengusut kasus ini.

"Kapolda Metro Jaya sudah membentuk tim yang pertama dari penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya. Kemudian juga melibatkan tim satgas mafia tanah pusat dan BPN pusat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (16/2).

Yusri mengatakan Kapolda Metro Jaya menaruh perhatian perihal adanya mafia tanah yang telah meresahkan masyarakat tersebut. Tim yang dibentuk Kapolda tersebut kini telah bergerak melakukan penyelidikan secara menyeluruh.

Polisi sebelumnya mengungkap adanya keterkaitan dari 3 laporan dugaan mafia tanah yang dibuat pihak Dino Patti Djalal ini. Polisi juga menemukan adanya kasus-kasus lain berkaitan dengan sindikat mafia tanah tersebut.

Terkini, polisi kembali mengamankan satu tersangka dari kasus laporan pertama keluarga Dino. Total lima tersangka dari kasus laporan pertama tersebut yang telah diamankan.

"Untuk kasus ini sudah tersangka sudah kita amankan. Terakhir subuh tadi ada tersangka yang kita amankan dan ini sudah berjalan. Total semuanya ada 5 tersangka," tutur Yusri.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5376343/dino-patti-djalal-ungkap-sistem-kerja-sindikat-mafia-tanah-kayak-piramid

Comments