Aksi Demo di Myanmar 6 Orang Terkena Tembakan Peluru Tajam

Redaksi


IDNBC.COM
- Insiden kekerasan terjadi di galangan kapal di kota terbesar kedua Myanmar, ketika polisi dan tentara menembakkan peluru tajam dan peluru karet ke para demonstran yang berkumpul.


Seorang fotografer di tempat kejadian melaporkan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/2/2021), sedikitnya lima orang terluka akibat tembakan peluru karet. Sementara staf medis darurat yang merawat korban-korban luka mengkonfirmasi sedikitnya enam orang lainnya telah ditembak dengan peluru tajam.

Sebagian besar wilayah Myanmar telah dilanda aksi-aksi demonstrasi sejak militer menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dalam kudeta 1 Februari lalu. Ratusan ribu demonstran telah turun ke jalan-jalan untuk memprotes junta militer.

Pihak berwenang telah menangkap ratusan orang sejak kudeta itu, banyak dari mereka adalah pegawai negeri yang memboikot pekerjaan sebagai bagian dari kampanye pembangkangan sipil.

Pada hari Sabtu (20/2), ratusan polisi dan tentara berkumpul di galangan kapal Yadanarbon di kota Mandalay, di sungai Irrawaddy.

Kehadiran pasukan keamanan itu memicu ketakutan di antara warga sekitar bahwa pihak berwenang akan mencoba menangkap para pekerja yang ikut serta dalam gerakan antikudeta.

Dengan memukul-mukul panci dan wajan yang telah menjadi tanda pembangkangan, para pengunjuk rasa mulai berteriak-teriak menyuruh polisi untuk pergi.

Tetapi para polisi melepaskan tembakan dengan peluru tajam, peluru karet dan bola ketapel, sehingga para demonstran pun tercerai-berai membubarkan diri.

"Enam pria dengan luka-luka tembak datang ke tim kami. Dua di antaranya terluka parah," kata seorang asisten medis para dokter di tempat kejadian kepada AFP, yang menolak menyebutkan namanya.

Dikatakannya bahwa satu dari enam pria itu tertembak di bagian perut dan saat ini dalam kondisi kritis.

"Kami memindahkan mereka yang terluka parah dan dalam kondisi kritis ke tempat lain untuk perawatan intensif, tetapi kami tidak dapat mengungkapkan tempat itu," imbuhnya.

Seorang dokter di tempat kejadian memastikan bahwa beberapa pengunjuk rasa terluka oleh tembakan peluru tajam.

Di sekitar lokasi protes, ditemukan peluru peluru kosong, serta amunisi katapel termasuk bola logam.

Sumber https://news.detik.com/internasional/d-5392827/6-orang-terkena-tembakan-peluru-tajam-dalam-aksi-demo-di-myanmar

Comments