Risma Blusukan Kolong Jembatan, Pengamat: Yang Dibutuhkan Terobosan!

Admin


IDNBC.COM
- Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menyarankan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengklarifikasi tujuan blusukan ke kolong jembatan dekat kantornya pada Senin lalu. Menurut dia, untuk melihat kondisi sosial warga Indonesia bukan hanya di Ibu Kota.


"Sebagai Mensos perlu segera diklarifikasi tujuan blusukan tersebut. Karena kalau ingin mengetahui kondisi sosial masyarakat bawah kota-kota besar tidak hanya di Jakarta," kata Nirwono melalui pesan singkatnya, Jumat, 1 Januari 2021.


Menurut dia, temuan blusukan yang dilakukan Risma tidak ada yang baru dan mengejutkan. Fenomena sosial tersebut masih banyak ditemukan di berbagai kota besar di negeri ini.


Menurut dia lagi, Risma sebagai menteri sosial sebenarnya bisa memantau media sosial dan big data di kantornya untuk mendapatkan data dan kondisi sosial masyarakat di Indonesia dengan cepat dan akurat tanpa perlu blusukan.


"Yang dibutuhkan sekarang adalah program terobosan yang dilakukan Risma baik jangka pendek dan menengahnya apa untuk mengatasi masalah sosial di Indonesia," ujarnya.


Sebagai menteri yang baru, Politikus PDI Perjuangan itu bakal diuji kepemimpinannya menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi. "Bagaimana Risma bisa mengatasi masalah sosial masyarakat tersebut terutama melewati masa pandemi ini."


Jika Risma tidak segera membuktikan kerja dan terobosannya mengatasi masalah sosial, maka bisa jadi blusukan tersebut lebih bermuatan politis. "Jadi tes lapangan mengenal kondisi kota Jakarta yang bisa diasumsikan masyarakat sebagai rencana penjajakan persiapan menuju DKI 1," ujarnya. "Ini kesan yang harus segera dihilangkan."


Sumber https://metro.tempo.co/read/1419284/risma-blusukan-kolong-jembatan-pengamat-yang-dibutuhkan-program-terobosan


Comments