PDIP Nilai Anies Hanya Bela Diri Saat Cerita Kesiapan DKI Tangani COVID-19

Redaksi


IDNBC.COM
- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan kesiapan DKI Jakarta dalam menangani COVID-19 yang masih dianggap enteng. PDIP DKI Jakarta menilai hal ini hanyalah pembelaan diri semata.


"Saya pikir itu kan hanya sekedar pembelaan diri. Terbukti ketika DKI waktu itu diberikan kesempatan untuk melakukan PSBB rem darurat yang diperketat nggak signifikan dan DKI ini yang seterusnya, sejak mulai PSBB yang perketat terus diperpanjang sampai yang nanya PSBB Transisi," kata Anggota DPRD Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Politikus PDIP ini menilai selama ini Pemprov DKI Jakarta gagal dalam menggerakkan komponen masyarakat dalam penanganan COVID-19. Dia mengkritisi selama ini Pemprov lemah dalam implementasi kebijakan yang berlaku.

"Itu dari dulu saya katakan, dia nggak pernah hanya pernyataan. Mereka pernyataan-pernyataan hanya membela diri. Pernyataan Gubernur sama Wagub sama saja, mereka bermain di narasi. Pak Gubernur turun dong ke masyarakat, ngobrol bareng," tegasnya.

Selain itu, ia juga menyoroti klaster keluarga menjadi permasalahan utama di Ibu Kota. Menurutnya, pelanggaran protokol kesehatan mayoritas ditemukan di permukiman warga.

"Klaster keluarga ini sumbernya dari mana? ya dari permukiman yang padat itu, yang Pemprov DKI Jakarta tidak mampu untuk menggerakkan mereka, partisipasi aktif untuk bersama sama membantu pemerintah untuk mengawasi warganya di tiap RT RW," ujarnya.

"Karena di situ nggak jalan kemudian ketika di permukiman padat itu lihat aja orang orang kumpul-kumpul nggak pakai masker. Masalahnya di mana? padahal itu udah dibikin PSBB ketat loh, tapi warga tidak mau jalan saja terus mereka. Kenapa? karena Pemprov DKI Jakarta melalui perangkat-perangkatnya tidak bisa menindak mereka, nggak berani, takut," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan menegaskan pihaknya tidak pernah lelah menangani COVID-19. Anies kembali bercerita kesiapan DKI Jakarta sejak COVID masih dianggap enteng.

"InsyaAllah, DKI Jakarta Tidak Pernah Lelah. Kami selalu serius, dalam menangani masalah COVID-19 ini. Keseriusan itu diwujudkan dengan konsistensi kebijakan, dan peningkatan kemampuan: Testing, Tracing, dan Isolasi-Treatment," kata Anies Baswedan dalam unggahan terbarunya di Instagram, Minggu (24/1/2021).

Anies menegaskan kemampuan DKI Jakarta dalam menangani pandemi COVID selalu diikuti transparansi dan langkah-langkah yang terukur berbasis ilmu pengetahuan. Anies menegaskan DKI Jakarta sedari awal sudah bersiap menghadapi COVID sebagai urusan yang panjang.

Anies kemudian memberi contoh penanganan COVID-19 di DKI lewat RSUD Cengkareng. Anies, dalam unggahan terbarunya ini, menyambangi RSUD Cengkareng dan menyapa para tenaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sumber https://news.detik.com/berita/d-5346621/pdip-nilai-anies-hanya-bela-diri-saat-cerita-kesiapan-dki-tangani-covid-19

Comments