Korban Tewas Akibat Gempa Sulbar Jadi 73 Orang: 9 di Majene, 64 di Mamuju

Redaksi


IDNBC.COM
- Korban jiwa akibat bencana gempa di Sulawesi Barat terus bertambah. Per sore ini, total korban yang meninggal mencapai 73 orang.


"Total 73 meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Raditya Jati dalam konferensi pers 'Update Kondisi Terkini dan Upaya Penanganan Bencana di Berbagai Daerah' yang disiarkan BNPB, Minggu (17/1/2021).


Dari 73 korban jiwa tersebut, 9 orang di antaranya akibat berasal di Majene. Sementara, 64 lainnya berasal dari Mamuju.


"Gempa di Sulbar, di Majene 9, Mamuju 64 orang," ujarnya.


Hingga saat ini, puluhan ribu warga juga masih mengungsi. Raditya mengungkapkan, update terbaru ada 37.850 warga terdampak yang mengungsi.


"37.850 yang mengungsi," kata Raditya.


Demi kelancaran penanganan gempa di Sulbar, Kepala BNPB Doni Monardo untuk sementara juga berkantor di Mamuju. Selain itu. BNPB juga telah menempatkan 3 helikopter di lapangan untuk distribusi logistik dan peralatan serta operasional.


Kemudian, pasien yang dirawat di RS terdampak gempa untuk sementara juga telah dievakuasi ke RS di lapangan. BNPB juga terus mengupayakan penambahan stok alat pelindung diri (APD) di lokasi yang telah menipis.


"Stok APD masih dalam proses, klaster kesehatan sudah aktif klaster yang menangani kesehatan. Semuanya sedang diupayakan. Listrik masih dalam proses perbaikan. Jalan darat menuju Mamuju sebagian sudah bisa diakses," paparnya.


Sumber https://news.detik.com/berita/d-5337480/korban-tewas-akibat-gempa-sulbar-jadi-73-orang-9-di-majene-64-di-mamuju


Comments