Dipolisikan KNPI Karena Cuitan ‘Evolusi’, Abu Janda Malah Ngeles Begini..

Admin


IDNBC.COM
- Abu Janda atau Permadi Arya, membantah bila kata evolusi dalam cuitan di akun Twitter resminya tersebut artinya binatang seperti teori Darwin. Tafsiran tersebut dinilainya hanya dibuat oleh pihak tertentu.


"Saya ini seorang muslim. Muslim ini meyakini manusia pertama di bumi ini Nabi Adam bukan monyet. Jadi saya tidak percaya dengan teori Darwin," ujar dia kepada wartawan, Jumat 29 Januari 2021.


Dia menjelaskan, arti kata evolusi di Kamus Besar Bahas Indonesia artinya adalah berkembang. Nah, kata evolusi yang dia cuit itu disebutnya sama sekali tidak bermaksud rasis. Sebab, dia tidak membawa embel-embel lain hanya kata evolusi saja. Maka dari itu, Abu Janda mempertanyakan di mana maksud rasisnya. 


"Evolusi itu di KBBI artinya berkembang, evolusi itu berkembang, pikiran lo sudah berkembang belum? Akhlak lo sudah belum? Kan evolusi akhlak bisa, evolusi pikiran bisa," kata dia.


"Itu rasisnya di mana kata evolusi itu? Kecuali kalau aku bawa-bawa ras, atau pakai nama hewan, kan ini enggak. Cuma kata evolusi tok," ujarnya lagi.


Untuk diketahui, Abu Janda dilaporkan oleh DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke Bareskrim Polri pada Kamis, 28 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan atas ujaran yang diduga mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.


Abu Janda dilaporkan dalam surat tanda terima laporan Nomor: STTL/30/I/2021/Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021, dengan pelapor Ketua Bidang Hukum DPP KNPI, Medi Rischa Lubis.


“Kami melaporkan Permadi Arya alias Abu Janda terkait dugaan adanya ujaran kebencian dengan memakai SARA dalam Twit-nya tanggal 2 Januari 2021. Alhamdulillah, laporan kami diterima,” kata Medi di Gedung Bareskrim Polri.


Sebelum dipolisikan, ternyata Abu Janda sempat perang cuitan dengan Ketua Umum KNPI Haris Pertama di Twitter. Berawal dari cuitan Haris yang isinya meminta Korps Bhayangkara bisa menindak tegas Abu Janda yang diduga melakukan dugaan rasisme.


Yaitu, kepada mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Natalius Pigai. Abu Janda juga mencuit dan mention ke Haris. Cuitannya mengaku akan melaporkan balik Haris.


Sumber https://www.viva.co.id/berita/nasional/1344022-abu-janda-bantah-lakukan-rasis-evolusi-di-kbbi-artinya-berkembang


Comments