2 Roket Ditembakkan ke Ashdod, Israel Gempur Hamas di Gaza

Redaksi


IDNBC.COM
- Militer Israel kembali menggempur posisi Hamas di Gaza setelah dua roket ditembakkan ke wilayahnya. Dua roket dari Gaza itu dilaporkan jatuh ke laut dan tidak memicu korban jiwa.


Seperti dilansir The Times of Israel, Selasa (19/1/2021), serangan dua roket dari Gaza itu diarahkan ke kota Ashdod, Israel bagian selatan, pada Senin (18/1) dini hari waktu setempat. Militer Israel atau Angkatan Bersenjata Israel (IDF), menyebut kedua roket itu jatuh ke laut, dekat kawasan pantai kota Ashdod.

IDF menyatakan bahwa dua roket itu tidak mengaktifkan sirene peringatan dan tidak ada korban luka maupun kerusakan yang dilaporkan.

Untuk merespons serangan roket dari Gaza, jet-jet tempur Israel dikerahkan menggempur lokasi-lokasi Hamas. Gempuran udara Israel itu dilaporkan mengenai lokasi di mana Hamas tengah menggali terowongan bawah tanah di Gaza bagian selatan.

Meskipun tidak diketahui secara jelas kelompok yang mendalangi serangan roket itu, IDF menyatakan Hamas bertanggung jawab sepenuhnya sebagai penguasa de facto Gaza.

Serangan roket dari Gaza itu terjadi dua hari setelah dua serangan roket lainnya -- juga dari Gaza -- jatuh di area sepanjang pantai Israel, yakni satu di dekat Ashdod dan satu lagi di Pantai Palmachim, selatan Tel Aviv. Tidak ada korban luka maupun kerusakan akibat serangan roket itu.

Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome, dikerahkan untuk mencegat roket yang diarahkan ke Pantai Palmachim. Namun dua rudal pencegat tidak berhasil menghancurkan roket itu. Serpihan dari rudal pencegah jatuh di dekat kota Bat Yam dan memicu kerusakan ringan.

Sumber https://news.detik.com/internasional/d-5340106/2-roket-ditembakkan-ke-ashdod-israel-gempur-hamas-di-gaza




Comments