Syahrul Yasin Limpo Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim

Admin


IDNBC.COM
- Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim. Penunjukan itu berdasarkan surat Kementerian Sekretariat Negara Nomor 8-918 tahun 2020 tentang Penunjukan Menteri Pertanian sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim.


"Kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pertanian sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim," bunyi surat tersebut seperti dikutip Kamis (3/12).


Syahrul ditunjuk menggantikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Sebab, Luhut tengah melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.


"Berkenaan dengan surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tanggal 22 November 2020 yang pada intinya mohon izin kepada Presiden untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada 2 hingga 10 Desember 2020," bunyi surat itu.


Surat itu telah ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada 2 Desember 2020. Surat ditembuskan langsung ke Luhut.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) ad interim pada Kamis (26/11). 


Penunjukkan tersebut untuk menggantikan Edhy Prabowo yang dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (25/11).

Edhy dijadikan tersangka terkait kasus ekspor lobster pada pukul 23.30 WIB di hari yang sama.


Edhy diduga menerima hadiah atau janji dari pengusaha berkaitan perizinan tersebut dan membelanjakannya barang-barang mewah saat berada di Amerika Serikat.


Comments