Penuhi Jalanan! Warga Wuhan Rayakan Tahun Baru

Admin


IDNBC.COM
- Kerumunan warga memenuhi jalanan di pusat Kota Wuhan, Tiongkok, merayakan tahun baru 2021 pada Jumat (1/1/2021) dini hari. Warga meluapkan suka cita setelah selama setahun didera pandemi Covid-19, dan membuat kota itu dikarantina total sejak akhir Januari hingga awal April tahun lalu. Wuhan merupakan wilayah pertama di dunia yang ditemukan kasus Covid-19.


Sebagaimana tradiri tahunan, warga berkumpul di depan bangunan tua Hankow Customs House, salah satu pusat keramaian di setiap malam pergantian tahun. Saat jam tua di gedung itu menunjukkan waktu pukul 00.00 yang menandai pergantian tahun, warga melepaskan balon ke udara sembari berseru bersahut-sahutan, “Happy new year.”


“Saya sangat-sangat berbahagia,” ujar Yang Wenxuan, mahasiswa pelancong berusia 20 tahun. “Ini pertama kali saya berada di Wuhan. Tapi malam ini sungguh luar biasa,” ujarnya.


Sementara itu, polisi dalam jumlah besar tampak mengawasi secara ketat warga yang merayakan malam tahun bar. Petugas menegur warga yang tidak memakai masker, dan meminta untuk memakainya jika ingin tetap berada di jalanan.


Perayaan ini berlangsung setelah 12 bulan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerima laporan adanya kasus Covid-19 pertama di kota ini. Satu tim dari WHO dijadwalkan tiba di Tiongkok pada Januari ini, untuk menyelidiki asal mula pandemi.


Wuhan telah memulai vaksinasi Covid-19 terhadap beberapa kelompok sasaran. Masih adanya sejumlah kasus baru di beberapa wilayah di Tiongkok, termasuk Beijing, menyadarkan warga bahwa pandemi belum berlalu.


“Saya berharap, pada 2021 segala sesuatunya berjalan baik di seluruh negeri dan Wuhan, sehingga semua bisa kembali normal. Dan saya berharap seluruh dunia bisa mengatasi pandemi ini,” ujar Anson Yang, warga Wuhan.


Sumber https://www.beritasatu.com/dunia/715379/rayakan-tahun-baru-warga-wuhan-penuhi-jalanan


Comments