Polisi Buru Penyerang yang Tembak Pendeta Ortodoks di Prancis

Admin


IDNBC.COM
- Seorang pendeta di Gereja Ortodoks asal Yunani ditembak dan terluka pada hari Sabtu di sebuah gereja di pusat kota Lyon, Prancis. Polisi tengah memburu pelaku penembakan tersebut.

Dilansir dari reuters, Minggu (1/11/2020), Pendeta itu ditembak dua kali sekitar pukul 4 sore, saat dia menutup gereja, dan dia dirawat karena luka yang mengancam nyawa.


Saksi mata mengatakan gereja itu adalah Ortodoks Yunani. Seorang pejabat pemerintah Yunani mengidentifikasi pendeta itu sebagai Nikolaos Kakavelakis.


Tidak ada indikasi dari pejabat Prancis bahwa serangan itu terkait terorisme. Kantor kejaksaan anti-terorisme Prancis belum dibawa masuk, seperti biasanya ketika petugas penegak hukum mencurigai adanya hubungan terorisme, kata penyiar BFMTV Prancis.


Insiden itu terjadi dua hari setelah seorang pria meneriakkan "Allahu Akbar!" (God is Greatest) memenggal kepala seorang wanita dan membunuh dua orang lainnya di sebuah gereja di Nice.


Dua minggu lalu, seorang guru sekolah di pinggiran kota Paris dipenggal oleh seorang penyerang berusia 18 tahun yang tampaknya marah oleh gurunya yang memperlihatkan kartun Nabi Muhammad di kelas.


Sementara motif serangan hari Sabtu tidak diketahui, menteri pemerintah telah memperingatkan bahwa mungkin ada serangan militan Islam lainnya. Presiden Emmanuel Macron telah mengerahkan ribuan tentara untuk melindungi situs-situs seperti tempat ibadah dan sekolah.


Perdana Menteri Jean Castex, yang mengunjungi Rouen, mengatakan dia akan kembali ke Paris untuk menilai situasinya.


Serangan Nice terjadi pada hari umat Islam merayakan hari lahir Nabi Muhammad. Banyak Muslim di seluruh dunia marah tentang pembelaan Prancis atas hak menerbitkan kartun yang menggambarkan Nabi.


Orang ketiga telah ditahan polisi sehubungan dengan serangan itu, kata sumber polisi pada hari Sabtu. Tersangka penyerang ditembak oleh polisi dan tetap dalam kondisi kritis di rumah sakit.


Macron turun ke gelombang udara berbahasa Arab pada hari Sabtu, mengatakan dia memahami publikasi kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad mungkin mengejutkan beberapa orang tetapi tidak ada pembenaran untuk tindakan kekerasan.


Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera yang dirilis pada hari Sabtu, Macron mengatakan posisinya telah disalahartikan: bahwa dia tidak pernah mendukung publikasi kartun yang dipandang menghina oleh Muslim, tetapi membela hak kebebasan berekspresi.


Sumber https://news.detik.com/internasional/d-5236587/polisi-buru-penyerang-yang-tembak-pendeta-ortodoks-di-prancis


Comments