Hari Pemungutan Suara Pilkada Kian Dekat, Mahfud MD: Jangan Lengah!

Admin


IDNBC.COM
- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta penyelenggara Pilkada Serentak, peserta dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga agar situasi tetap berlangsung kondusif hingga hari pemungutan suara. Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.


“12 hari ke depan kita jangan sampai lengah, kita jaga betul agar situasi tetap kondusif. Masa tenang tanggal 6-8 Desember juga harus kita pastikan benar-benar tenang,” ucap Mahfud saat memimpin rapat analisa dan evaluasi tahapan Pilkada Serentak di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (23/11/2020).  


Selain menekankan pentingnya menjaga situasi dan keamanan, Mahfud juga mengingatkan agar protokol kesehatan sungguh-sungguh bisa diterapkan selama pilkada. Demikian pula dengan distribusi logistik, sambung Mahfud, sudah harus dipastikan sampai tepat waktu dan aman. 


"Diantisipasi betul kemungkinan kerumunan, agar dihindari penumpukan orang dengan mengatur jam dan jadwal orang melakukan pemilihan” tegasnya. 


Sekadar informasi, rapat ini turut dihadiri oleh Mendagri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, dan Kepala BNPB. Selain itu, para gubernur juga hadir melalui fasilitas video conference. 


Di kesempatan yang sama, secara virtual, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga menjelaskan kesiapannya dalam membantu terlaksananya pilkada serentak. Terkhusus dalam membantu pemerintah dan Satgas Penanganan Covid mencegah penyebaran Covid-19. 


Hadi Tjahjanto berharap agar masyarakat bisa melaksanakan pesta demokrasi secara damai. 


“TNI juga membantu Pemda dan KPU daerah, dengan mengajak tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah, untuk menghimbau seluruh masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara dewasa, tidak terpengaruh provokasi dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Hadi.


Comments