Luhut Tiba-Tiba Ditelepon Menlu China, Ada Apa Ya?

Redaksi


IDNBC.COM
- China menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan kerja sama di bidang vaksin dengan Indonesia. China berjanji akan membantu memerangi wabah Covid-19.


Dilansir dari Global Times China, Komitmen tersebut dinyatakan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam percakapan langsung dari Beijing melalui sambungan telepon dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Pandjaitan, Minggu (7/2/2021)

Sambil mengingat pertemuannya bersama Luhut beberapa waktu yang lalu, Wang mengatakan bahwa pertemuan tersebut untuk memperkuat rasa saling percaya dalam upaya mempererat persahabatan kedua negara.

Kedua belah pihak telah menjalankan serangkaian kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua kepala negara.

Dalam pembicaraan keduanya, China juga berjanji akan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang guna mencapai hasil yang lebih nyata dan menguntungkan kedua negara dan rakyatnya.

Dalam kesempatan itu juga, Wang juga menyatakan bahwa China mendukung Indonesia dalam meningkatkan pembangunan dalam negeri dan meningkatkan perannya di tingkat global.

Selama China dan Indonesia bersatu, maka kedua negara akan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi pembangunan di Asia, Ungkap Wang.

Kedua belah pihak juga akan mempercepat implementasi kerja sama kemaritiman dengan menggelar perundingan baru pada pertemuan teknis mendatang dan segera membentuk kelompok kerja bidang perdagangan dan terus berupaya memajukan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung agar bisa beroperasi sesuai jadwal.

Sementara itu, Menteri Luhut menyambut positif ajakan peningkatan kerja sama bidang vaksin dari mitranya di China itu.

Indonesia berharap adanya peningkatan nilai investasi dari China dan siap memperdalam kerja sama di bidang perdagangan, kemaritiman, olahraga, percepatan pembangunan kerangka Prakarsa Satu Sabuk Satu Jalan atau One Belt One Road (OBOR), peningkatan kerja sama proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, dan proyek-proyek kedua negara.

Dengan begitu, terjalinnya hubungan antar kedua negara yang mencapai 1,7 miliar jiwa, maka Indonesia dan China akan menjadi tempat yang nyaman di dunia, Ungkap Luhut dilansir Global Times.

Sumber https://www.cnbcindonesia.com/news/20210207140506-4-221631/luhut-tiba-tiba-ditelepon-menlu-china-ada-apa-ya

Comments